Dalam dunia kerja, tentu sudah tidak asing dengan kegiatan presentasi. Secara umum, presentasi adalah berbicara atau berkomunikasi di hadapan banyak orang, untuk menyampaikan suatu gagasan, ide, materi, atau hal lainnya. Dan tentunya, kemampuan kita dalam melakukan presentasi sangatlah penting, agar gagasan, ide, materi kita dapat tersampaikan dengan baik dan dapat diterima secara utuh ke audiens. 

3 Langkah untuk Membuat Presentasi Google Slides Interaktif menggunakan  AhaSlides - AhaSlides

Artinya, kita tidak dapat menyepelekan setiap presentasi yang kita lakukan. Tidak cukup hanya sekedar baik, namun juga harus mampu menampilkan presentasi yang hebat. Yaitu presentasi yang efektif dan menarik sekaligus meyakinkan. Jangan sampai terjadi pada saat kita melakukan presentasi, audiens hanya duduk mendengarkan presentasi, dan audiens bisa mudah mengantuk, lalu tertidur, atau merasa bosan, bingung, bahkan kewalahan karena terjangan informasi.

Berikut adalah beberapa hal yang harus diasah, dalam membuat presentasi, agar presentasi yang kita lakukan dapat dinilai sukses :

  • Keterampilan dalam membuat materi.

  • Keterampilan membuat tampilan presentasi. 

  • Keterampilan menyampaikan presentasi.

Kita harus dapat mengungkapkan ide atau gagasan dengan kuat dan dengan rasa percaya diri yang tinggi. Mungkin ada kalanya, saat kita sudah mampu membuat materi yang sempurna, namun kita kesulitan untuk membuat tampilan presentasi yang menarik. Hal ini mungkin akan menjadi kendala dalam menyampaikan presentasi.  Untuk itu, kita dapat membutuhkan bantuan teknologi untuk membuat tampilan presentasi, serta menyampaikannya ke audiens. Kita dapat menggunakan aplikasi-aplikasi yang akan membantu kita dalam melakukan presentasi. 

Tidak hanya powerpoint, ternyata masih banyak lagi aplikasi-aplikasi lainnya loh. Berikut adalah 7 aplikasi yang bisa membantu kamu dalam membuat tampilan presentasi:

1. Google Slides

Sesuai namanya, Google Slides merupakan platform yang diusung oleh Google. Aplikasi ini memiliki tampilan yang sederhana, sehingga mudah digunakan oleh orang awam.

2. Prezia

Aplikasi ini memungkinkan Anda dapat melakukan zoom in dan zoom out pada bagian tertentu. Prezia juga telah menyediakan banyak template dan efek yang bisa Anda pilih.

3. Vizme

Vizme memiliki fitur yang memungkankan Anda membuat banyak bentuk desain grafik seperti infografik, bahkan GIF.

4. Keynote

Aplikasi presentasi yang satu ini, merupakan aplikasi besutan Apple. Jika Anda menggunakan Keynote melalui iPad, Anda bisa langsung membuat grafik menggunakan Apple Pencil. 

5. SlideDog

Merupakan aplikasi presentasi yang unik, karena mampu menggabungkan beberapa format presentasi menjadi satu, seperti Powerpoint, Prezi, PDF, Excel, hingga Word. Jadi, dapat mendukung Anda yang ingin melakukan presentasi dengan berbagai jenis sumber presentasi.

6. Libre Office

Dapat digunakan secara gratis dan open source, aplikasi ini tersedia dalam 115 bahasa. Libreoffice juga dapat digunakan di Windows, Linux, Mac, Android, dan iOS.

7. Slidebean

Terakhir, aplikasi untuk presentasi lainnya yang bisa digunakan adalah Slidebean, yang sangat cocok digunakan saat kita tidak memiliki banyak waktu untuk membuat sebuah presentasi. Karena, Anda hanya perlu memasukkan konten yang ingin dijadikan presentasi. Nantinya, Slidebean akan secara otomatis menjadikannya sebuah presentasi.

Nah, jadi kini Anda bisa mengkreasikan presentasi selain Microsoft PowerPoint ya. Selamat mencoba.