Hampir semua orang memimpikan untuk memiliki bisnisnya masing-masing. Namun sayangnya, memiliki bisnis juga tidak semudah membalikkan telapak tangan. Tantangan yang semakin besar serta kompetisi yang tinggi membuat para pebisnis harus bisa bertahan dengan menciptakan inovasi baru. Hal ini juga tak terkecuali dengan bisnis online.
Salah satunya adalah dengan memiliki website. Jika Anda pemilik toko online, maka sebaiknya Anda memiliki website yang akan mendukung kesuksesan bisnis Anda. Berikut adalah beberapa manfaat jika Anda memiliki website untuk toko online Anda:
-
Kontrol Penuh
Dengan memiliki website sendiri, Anda memiliki kendali penuh atas tampilan, desain, dan fungsionalitas toko online Anda. Anda dapat menyesuaikan setiap aspek sesuai dengan merek dan visi Anda.
-
Branding
Website khusus memungkinkan Anda untuk membangun merek Anda sendiri secara lebih kuat. Anda dapat merancang tampilan dan nuansa yang sesuai dengan identitas merek Anda, membuat kesan yang lebih mendalam pada pelanggan.
-
Kecanggihan
Dengan memiliki website, Anda memiliki fleksibilitas untuk menambahkan fitur dan fungsi baru sesuai kebutuhan Anda. Anda tidak terbatas oleh batasan platform e-commerce tertentu. Kemudian Anda memiliki kendali atas data pelanggan Anda, seperti alamat email dan informasi kontak lainnya. Ini dapat membantu Anda membangun hubungan lebih erat dengan pelanggan dan mengembangkan strategi pemasaran yang lebih efektif.
Jika Anda telah memiliki website, penting juga untuk memperhatikan beberapa hal yang ada dalam website tersebut. Misalnya, sebaiknya website Anda sebaiknya bersifat mobile friendly, supaya lebih mudah diakses melalui mobile (handphone), karena kini kebanyakan orang lebih sering membuka website lewat smartphone mereka.
Selain itu, perhatikan pula fitur-fitur yang ada dalam website Anda. Karena ada banyak sekali fitur yang sebaiknya dimiliki oleh website Anda. Mau tahu apa aja?
1. Logo Bisnis.
Fitur pertama yaitu logo bisnis, salah satu cara supaya calon pelanggan Anda semakin yakin dengan toko online Anda adalah memasukkan identitas dari usahamu. Tapi selain itu, tujuan memasukkan logo ke dalam website, agar brand usaha Anda dapat dikenal sama banyak orang juga nih. Pasti Anda sering menemukan logo bisnis yang ada di website memiliki navigasi sama seperti tombol home (halaman utama). Nah, bisa dibilang dengan menambahkan logo dari usaha ke web jualan juga sebagai langkah untuk memudahkan pengunjung memasuki halaman utama website.
2. Customer Login/Register
Biasanya nih kalau toko online mewajibkan konsumennya untuk melakukan registrasi terlebih dahulu sebelum mereka membeli produk. Contohnya mengisi identitas diri seperti alamat, nomor telepon, sampai e-mail supaya nggak terjadi kesalahan pengiriman. Fitur login bisa dibilang harus ada, karena berkaitan sama pengalaman berbelanja online mereka di tokomu sekaligus Anda bisa mendata siapa saja orang yang membeli barang. Sayangnya kerap kali kita menemukan pelanggan yang pada akhirnya tidak jadi membeli produk kita nih, karena proses registrasi atau login terlalu ribet. Maka dari itu, Anda harus memastikan kalau tombol login terlihat jelas. Terdapat berbagai pilihan untuk melakukan registrasi maupun login, dan jangan lupa pisahkan antara halaman login dengan register ya.
3. Pencarian Produk
Anda menjual berbagai macam produk? Pasti Anda tidak ingin membuat calon pembeli Anda kesulitan untuk mencari barang yang mereka inginkan. Maka dari itu wajib untuk ditambahkan fitur pencarian produk supaya nanti pelanggan Anda cukup mengetik nama produknya saja. Pastikan kolom pencariannya mudah ditemukan oleh konsumen.
4. Fitur Toko Online Detail Produk
Coba tebak hal penting apa yang dapat membuat pelanggan Anda akhirnya memutuskan membeli produk? Fakta membuktikan bahwa foto produk dan detail informasinya berpengaruh terhadap keputusan pembelian dari konsumen. Jangan lupa untuk isikan beberapa informasi produk seperti nama produk, video produk, harga produk, dan deskripsi barang.
5. Halaman Promosi
Strategi pemasaran yang umumnya dilakukan oleh pebisnis online adalah dengan memberikan promosi seperti diskon, buy 1 get 1, dan lain sebagainya. Nah, Anda Bisa tambahkan halaman khusus berisi promosi yang sedang dilakukan agar mereka tahu promo apa saja yang sedang berlangsung di toko online. Ada beragam jenis promosi yang bisa dilakukan nih selain diskon, misalnya adakan produk bundling, gratis ongkir, minimum pembelanjaan.
6. Keranjang Belanja
Pastinya Anda Pernah nih melihat di website toko online ada icon keranjang yang biasanya ditempatkan di pojok kanan maupun kiri. Terus apa sih sebenarnya fungsi dari fitur keranjang belanja (cart)? Fitur cart ini berguna untuk konsumen Anda meletakkan produk yang akan mereka beli sebelum akhirnya mereka memutuskan buat beli barang tersebut. Selain bentuknya icon keranjang, umumnya fitur ini ada di setiap halaman produk dan bentuknya biasanya berupa tulisan “add to cart”.
7. Wishlist
Fitur wishlist mungkin sering ditemukan pada platform jualan online seperti marketplace. Ketika pelanggan menginginkan suatu produk tetapi belum berniat untuk membeli barang dikemudian hari, mereka bisa memasukkannya ke dalam fitur wishlist ini. Jadi, mereka nggak perlu mencari produk tersebut, karena konsumen dapat menemukannya secara langsung.
8. Review Pelanggan
Selain dari kualitas produk yang dijual, review atau testimoni dari pelanggan sebelumnya pun berpengaruh juga nih terhadap pembelian calon pelanggan. Mereka bakalan mencari informasi terkait produk dari orang yang pernah membeli produk tersebut. Tujuannya untuk meyakinkan mereka membeli barang yang Anda tawarkan. Biasanya ada beberapa website jualan yang hanya menyediakan testimoni berupa rating aja tanpa komentar. Padahal komentar dari pembeli barang dapat memberi memperjelas lengkap mengenai kualitas produk, bagaimana pebisnis memproses pesanan sampai pengiriman barang yang lambat atau cepat.
9. Fitur Call to Action
Ini dia fitur yang nggak boleh Anda lupakan untuk ditambahkan ke dalam website jualan yaitu Call to Action (CTA). Emang kenapa CTA penting bagi sebuah website toko online? CTA punya fungsi buat mengajak pengunjung website Anda untuk melakukan sesuatu, sebenarnya CTA ini tergantung sama tujuan yang ingin Anda capai. Contohnya nih membeli produk, berlangganan newsletter, bahkan meningkatkan conversion (konversi penjualan), dan lainnya.