Warna, adalah salah satu media yang sering kali digunakan oleh para desainer untuk menyampaikan pesan, yang dituangkan dalam berbagai bentuk karya seni. Begitu juga dalam dunia advertising, atau dunia promosi, baik online maupun offline, warna menjadi salah satu elemen yang penting, baik itu media-media promosi seperti pamflet, banner, konten foto, konten video, tampilan website, dan sebagainya.
Dalam kehidupan sehari-hari, pasti kita sering menemukan desain dengan warna-warna yang cocok dan enak dipandang oleh mata. Sebaliknya, ada juga pemilihan warna desain yang tidak tepat, sehingga akan mengakibatkan mata kita tidak nyaman.
Jadi bisa disimpulkan bahwa memilih atau mencari warna untuk kemudian dikombinasikan ke dalam bentuk sebuah karya seni atau desain, bukanlah hal yang mudah. Lalu, bagaimana cara bekerja dengan berbagai macam pilihan warna? Simak beberapa tips berikut ini
1. Memahami teori warna
Dengan menggunakan atau mengaplikasikan teori warna, kita akan lebih merasa nyaman dengan warna-warna yang disajikan dari berbagai desain dan membangun citra brand yang efektif. Maka dari itu, color theory merupakan salah satu pedoman yang harus dipegang oleh para desain dalam berkarya.
2. Color Wheel
Color wheel, atau roda warna, dikategorikan kedalam tiga kelompok, yaitu:
-
Primer
Merupakan warna-warna yang tidak bisa saling digabungkan
Merah, Kuning, Biru
-
Sekunder
Merupakan warna-warna yang dihasilkan dari gabungan dua atau tiga warna primer
Oranye (merupakan hasil campuran dari warna merah + kuning)
Ungu (merupakan hasil campuran dari warna biru + merah)
Hijau (merupakan hasil campuran dari warna kuning + biru)
-
Tersier
Merupakan warna-warna yang dihasilkan dari gabungan warna primer dan warna sekunder.
Violet (merupakan hasil campuran dari warna biru+ungu)
Namun, perlu diingat bahwa tidak semua warna dapat digabungkan.
3. Skema Warna
Skema warna adalah kombinasi atau perpaduan warna yang berasal dari roda warna (color wheel), untuk menghasilkan kombinasi warna yang harmonis. Beberapa kategorinya adalah :
-
Monokrom
-
Analog
-
Complementary
-
Triadic
Dengan Pemilihan warna yang tepat, dapat memberi pengaruh yang cukup besar bagi branding suatu perusahaan. Karena pada dasarnya, kehadiran masing-masing warna dalam sebuah desain, akan saling melengkapi agar menghasilkan desain yang baik dan indah serta nyaman dipandang.