Dalam menjalankan bisnis, khususnya bisnis online tentunya Anda membutuhkan pelanggan loyal yang selalu mengingat produk barang ataupun jasa yang Anda tawarkan. Salah satu caranya adalah dengan meningkatkan Brand awareness. Brand awareness adalah sebuah momen dimana pelanggan akan mengenali atau mengingat sebuah merek bisnis, termasuk nama, logo, dan slogan-slogan.
Brand awareness terbentuk karena konsumen pernah membeli produk tersebut, atau mengetahui dari pihak ketiga, atau juga karena citra yang dibangun oleh merek tersebut sangat baik sehingga konsumen dapat mengingat produk atau merek tersebut. Brand awareness merupakan hal yang penting bagi bisnis karena dapat mempengaruhi konsumen untuk membeli produk atau menggunakan jasa dari suatu merek. Terlebih bagi bisnis online yang tentunya memiliki banyak pesaing, Brand awareness merupakan salah satu kunci wajib yang harus Anda kuasai. Nah, bagaimana cara meningkatkan brand awareness, khususnya di dunia bisnis online?
1. Memanfaatkan Media Sosial
Cara yang pertama tentunya adalah dengan memanfaatkan media sosial. Anda cukup pastikan untuk tetap aktif di media sosial. Fakta membuktikan bahwa orang yang menggunakan media sosial di Indonesia lebih dari sekitar 150 juta orang atau sekitar 78% dari jumlah penduduknya. Maka tentu saja media sosial merupakan hal yang tepat untuk mempromosikan bisnis online Anda dan juga mencakup pelanggan yang lebih luas.
Media sosial menjadi bagian penting dari strategi pemasaran brand awareness, karena dapat menjadi jembatan antara Anda dengan calon pelanggan secara langsung. Media sosial juga bisa menjadi tempat melihat reaksi dan respon pelanggan terhadap produk yang kamu jual, sehingga dapat membantu kamu menyusun strategi promosi.
2. Membuat Konten Marketing
Setelah aktif di media sosial, Anda juga dapat membuat konten marketing sebagai bentuk promosi dari produk atau jasa yang ditawarkan. Konten marketing sendiri adalah proses pemasaran dari kegiatan bisnis untuk membuat dan mendistribusikan konten yang menarik, relevan, memperoleh, dan melibatkan target konsumen.
Anda dapat menyusun konten marketing, misalnya, saat Anda memiliki produk baru yang ingin ditawarkan ke pelanggan. Maka, kamu bisa mencoba foto yang menarik, lalu atur agar produk yang kamu unggah ke media sosial tampil pada waktu yang tepat.
3. Menggunakan jasa influencer
Tips selanjutnya, Anda bisa juga menggunakan influencer sebagai media promosi produk atau jasa dari bisnis Anda. Influencer tentu saja memiliki banyak pengikut atau followers yang sangat berpotensi untuk membeli produk atau jasa yang digunakan oleh influencer tersebut.
4. Memiliki website
Tips terakhir untuk membangun brand awareness, adalah dengan memiliki website. Karena dengan memiliki sebuah website, Anda akan dapat menampilkan informasi tentang produk atau layanan yang ditawarkan oleh perusahaan Anda, serta memberikan informasi kontak dan lokasi bisnis Anda. Hal ini akan memudahkan pelanggan untuk mencari informasi tentang perusahaan Anda, sekaligus membuat mereka lebih yakin untuk memilih Anda sebagai pilihan bisnis mereka.
Digital Branding, Registrasi, Reservasi