Seiring dengan perkembangan dunia digital, kini sudah muncul berbagai macam media sosial atau platform market yang dapat digunakan sebagai sarana untuk menjual produk atau jasa dengan mudah, bahkan dengan jangkauan yang lebih luas.
Untuk berpromosi dalam dunia digital, agar mendapatkan hasil yang maksimal, dibutuhkan keahlian khusus yang spesifik dalam bidang digital marketing, sehingga dapat lebih mudah menarik para pembeli untuk percaya akan produk yang dijajakan. Apa kira-kira keahlian khusus yang dimaksud tersebut?
Nah, salah satu keahlian yang harus dimiliki dalam digital marketing ini adalah Copywriting. Apa yang dimaksud dengan copywriting itu? Secara garis besar, copywriting adalah proses menulis materi pemasaran dan promosi persuasif yang memotivasi orang untuk mengambil beberapa bentuk tindakan, seperti melakukan pembelian, mengklik tautan, menyumbang, ajakan, hingga mempengaruhi orang untuk menghubungi bagian penjualan.
Bagi Anda yang ingin mendalami lebih lanjut mengenai copywriting, berikut adalah 5 prinsip copywriting dalam media sosial yang penting untuk diketahui :
1. Memahami dan menguasai Produk atau Jasa yang akan ditawarkan
Tanpa mengenali produk, layanan, atau konten yang ditawarkan, Anda tidak akan dapat menjualnya dengan baik. Inilah mengapa pemahaman produk menjadi bagian penting dari belajar copywriting.
2. Peka terhadap Kebutuhan dan Situasi Konsumen
Seorang copywriter yang baik harus memahami kebutuhan atau situasi target alias pelanggannya dengan baik. Karena dengan mengetahui kebutuhan dan situasi konsumen serta memberikan solusi dengan baik, otomatis mereka akan tertarik untuk membeli produk Anda
3. Singkat, Padat, Jelas
Sebagai seorang penjual yang baik melalui kata-kata, sebaiknya jangan terlalu bertele-tele dalam merangkai kata untuk pelanggan. Sebab, pelanggan tentu akan langsung meninggalkan tulisanmu jika terkesan rumit dan tidak langsung pada poinnya.
Oleh karena itu, gunakan kata yang singkat, padat, dan persuasif agar pembaca tertarik untuk melakukan tindakan.
4. CTA yang Akurat dan Memikat
Prinsip lainnya dari copywriter adalah harus membuat call to action dengan susunan kalimat yang cantik.
Apa itu CTA, Call To Action (CTA)? Call to action adalah kalimat ajakan kepada pembaca untuk melakukan suatu tindakan tertentu di website, iklan, atau email.
5. Memiliki Ciri Khas
Yang terakhir, cobalah untuk memiliki ciri khas dalam gaya penulisan. Misalnya, Anda bisa memanggil para pembaca Anda dengan sebuah sebutan khusus. Hal ini juga dapat menarik minat pembaca karena terasa lebih personal.
Semoga bermanfaat Searcher!
Daily Instagram management from topic research to design